Tercatat Sebanyak 2.627 Tenaga Kesehatan di Kendari Sudah Divaksin Dosis Tiga

Kendari – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mencatat 2.627 tenaga kesehatan (nakes) di daerah setempat telah disuntik vaksin COVID-19 dosis ketiga.

Kepala Dinkes Kendari Rahminingrum di Kendari, Senin, mengatakan sasaran vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan di ibu kota provinsi itu tercatat 4.151 orang.

“Vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di Kota Kendari sudah diberikan kepada 2.627 orang atau sudah mencapai 63,29 persen dari target sasaran,” kata dia.

Pemberian vaksin reguler (Sinovac) dosis satu tercatat 5.627 orang atau 135,56 persen dari total sasaran, dosis kedua mencapai 5.173 orang atau 124,62 persen.

Rahminingrum menjelaskan pemberian vaksin dosis ketiga kepada tenaga kesehatn dinilai penting apalagi vaksinnya salah satu jenis vaksin terbaik, yakni Moderna.

Dia menjelaskan vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin COVID-19 buatan Moderna pada tenaga kesehatan dengan platform mRNA dan nukleosida yang dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap serangan virus SARS-CoV-2.

Rahminingrum memastikan semua tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang menangani langsung pasien COVID-91 di daerah itu akan mendapatkan vaksin dosis ketiga.

Vaksinasi dosis ketiga bagi seluruh tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan di Kendari, saat ini kembali dilanjutkan.

“Pelayanan vaksin ‘booster’ (penguat) kami buka mulai hari ini, 22-26 November, di pelataran Kantor Dinkes Kendari. Kami berharap nakes berpartisipasi menyukseskan pemberian dosis ketiga ini,” demikian Rahminingrum.

Saat ini Kota Kendari nihil kasus aktif COVID-19 dari jumlah akumulatif kasus infeksi virus corona per 21 November 2021 tercatat 7.719 kasus dengan jumlah penderita yang sudah sembuh 7.624 orang dan pasien yang meninggal dunia 95 orang.(Ant)